Empat Pohon Mahoni di Areal Kebun Bukit Lima PTPN IV Ditebang atas Izin Manager?

oleh -163.196 views

SIANTAR – ST

Manager kebun PTPN IV Kebun Bukit Lima Kabupaten Simalungun, berinisial BHSP, diduga mendalangi penebangan empat pohon mahoni diperkirakan berusia puluhan tahun.

Sumber yang layak dipercaya mengatakan, pohon mahoni tersebut ditebang oleh pihak kebun tanpa dasar yang jelas. “Gak jelas Bang. Dibilang membahayakan gak juga. Karena pohon itu masih tumbuh subur kok,” kata sumber, Selasa (29/12/2020) sore.

Dari hasil penelusuran di sekitar lokasi, penebangan pohon dilakukan dua pekan lalu. Pohon yang ditebang langsung diolah dan konon kabarnya, dibawa ke Kota Medan. “Kabarnya kayunya dibawa ke Medan Bang. Gak tau untuk apa,” pungkasnya.

Sampai berita ini diterima, Manager Kebun Bukit Lima berinisial BHSP, belum bisa dikonfirmasi.

Terpisah, pemerhati lingkungan Sumut, Ichsan Hardi, memastikan jika aksi penebangan tidak bisa sembarangan dilakukan. “Ada aturannya. Tidak sembarangan. Urusannya bisa pidana itu,” ujar Ichsan.

Dalam waktu dekat, Ichsan juga berniat turun ke lokasi untuk memastikan kondisi sebenarnya terjadi. “Kita akan investigasi. Kita lihat nanti apakah unsur pelanggarannya terpenuhi. Jelas (kalau unsur pidana terpenuhi) kita langsung bawa kasus itu ke ranah hukum,” janjinya. (rid)

No More Posts Available.

No more pages to load.